Celotehku juga

Bencana di Jepang

Posted on: April 11, 2011

Pada pagi hari warga di Provinsi Miyagi merasakan gempa dari arah pantai sebesar 9.0 SR. provinsi Miyagi terdapat di negara Jepang. Begitu terjadi gempa, pemerintah Jepang memperingati bahwa akan terjadi tsunami yang sangat dahsyat. Peringatan diberitahu melalui televisi dan radio.

Gempa tersebut mengagetkan warga yang sedang beraktivitas di Provinsi Miyagi dan sekitarnya. Warga segera bersiap untuk menghadapi tsunami. Sebagian dari mereka banyak yang mencari tempat yang tinggi untuk menghindari gelombang air laut yang dahsyat itu.

Gelombang air laut yang dahsyat itu pun tiba. Gelombang itu menyapu bangunan di desa dan kota Provinsi Miyagi. Juga menghancurkan bandar udara Sendai, membawa pesawat yang sedang parkir di badar udara Sendai. Banyak orang-orang yang sedang di dalam bandara yang sedang menunggu boarding, dan mereka pun mengungsi ke atap bandara.

Pada bencana ini ribuan orang meninggal dan hilang. Warga yang selamat mengungsi ke tempat yang aman. Ternyata masih ada gempa susulan yang membuat warga panik dan khawatir. Tapi mereka sudah berada di tempat yang aman.

Gempa yang besar ini juga merusak PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) di Fukushima. Dengan terjadinya kerusakan ini maka terjadilah radiasi nuklir. Atas terjadinya bencana ini warga dan pemerintah Jepang bekerja sama untuk memulihkan suasana.

Kita juga harus tahu bahwa negara kita sering terjadi gempa dan menimbulkan tsunami. Kita bisa belajar dari Jepang bagaimana menghadapi bencana alam gempa dan tsunami. Hal ini untuk mengurangi banyaknya korban yang dapat terjadi.

Tugas Mandiri Bahasa Indonesia dikumpulkan tanggal 11 April 2011.

Leave a comment

April 2011
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Blog Stats

  • 8,062 hits